Senin, 23 September 2013

Materi Ulangan IPS Kelas 6 SD Perkembangan Wilayah Indonesia

Materi 1
pada awal kemerdekaan, Indonesia terdiri dari 8 provinsi. Dalam perkembangannya, jumlah provinsi mengalami penambahan setelah ada pemekaran. Misalnya, provinsi Bangka Belitung yang semula bagian Sumatera Selatan; Provinsi Banten semula Jawa Barat sejak tahun 2000; Kepulauan Riau semula Riau.
Propinsi yang sejak awal kemerdekaan hingga saat ini (2013) tidak mengalai pemekaran adalah Jawa Timur. Sedangkan Sulawesi Barat menjadi provinsi termuda atau paling baru dibentuk. Saat ini, jumlah provinsi di Indonesia ada 33 provinsi.
Selanjutnya ....
Ada satu provinsi di Indonesia pada tahun 1999 keluar dari NKRI yaitu Provinsi Timor Timur yang menjadi negara Timor Leste.

Di Pulau Sulawesi terdapat 6 provinsi yaitu:
  1. Sulawesi Barat (Mamuju)
  2. Sulawesi Utara (Manado)
  3. Sulawei Tengah (Palu)
  4. Sulawesi Selatan (Makassar)
  5. Sulawei Tenggara (Kendari)
  6. Gorontalo (Gorontalo)

Materi 2
Wilayah laut Indonesia mengalami perkembangan. Pada awal kemerdekaan, laut teritorial Indonesia hanya sejauh 3 mil (4,8 km). Setelah ada Deklarasi Juanda dikeluarkan pemerintah maka batas wilayahnya menjadi 12 mil. Wilayah laut Indonesia akhirnya menjadi 200 mil sejak adanya Zona Ekonomi Eksluzif (ZEE).

Materi 3
Laut yang memisahkan wilayah Papua dan Nusa Tenggara adalah laut Arafuru. Sedangkan pemisah Kalimantan dengan Sumatera adalah Selat Karimata. Pulau Jawa dengan Pulau Kalimantan dipisahkan laut Jawa.






Materi 4


A : KalimantanTimur
B : Kalimantan Selatan
C : Kalimantan Tengah
D : Kalimantan Barat

Materi 5
Maumere adalah nama kecamatan di Nusa Tenggara Timur.

http://muhamad-masud.blogspot.com

4 komentar:

Berbagi dan Berkolaborasi dalam Webinar Series 5 Sahabat Pembatik DIY 2023

 Hari Jum'at, 20 Oktober 2023 saya dan dua teman sesama Sahabat Teknologi DIY 2023 melakukan Webinar Seri 5.