Kamis, 29 Desember 2011

Lomba Membuat Media Pembelajaran Berbasis ICT USD 2012

Mengawali tahun 2012, para guru Indonesia ditantang untuk membuat karya berupa media pembelajaran berbasis ICT. Hadiahnya lumayan menggiurkan yaitu total minimal Rp22,5 juta. Persyaratannya sangat mudah dan gratis.


Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media.
Bentuk-bentuk stimuIus bisa dipergunakan sebagai media diantaranya adalah hubungan atau interaksi manusia, realita, gambar bergerak atau tidak, tulisan, dan suara yang direkam. Kelima bentuk stimulus ini akan membantu pembelajar mempelajari obyek pembelajaran. Namun demikian tidaklah mudah mendapatkan kelima bentuk itu dalam satu waktu atau tempat.
Teknologi komputer adalah sebuah penemuan yang memungkinkan menghadirkan beberapa atau semua bentuk stimulus di atas sehingga pembelajaran lebih optimal. Pengajar adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk merealisasikan kelima bentuk stimulus tersebut dalam bentuk pembelajaran. Namun kebanyakan pengajar tidak mempunyai kemampuan untuk menghadirkan kelima stimulus itu dengan program komputer sedangkan pemrogram komputer tidak menguasai metode pembelajaran.
Jalan keluarnya adalah merealisasikan stimulus-stimulus itu dalam program komputer dengan menggunakan piranti lunak yang mudah dipelajari sehingga dengan demikian para pengajar akan dengan mudah merealisasikan ide-ide pengajarannya.
Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada pembelajar. Selain itu, media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.
Multimedia pembelajaran mandiri bagi siswa adalah bahan belajar multimedia yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi (contoh: PowerPoint, Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Foxpro, Lectora, dll) dan atau bahasa pemrograman (contoh: Visual Basic, Clipper, dll) dan kesemuanya dikompilasi dalam satu paket aplikasi.

Persyaratan Karya
Persyaratan karya multimedia yang akan dikembangkan adalah sebagai berikut:
  1. Mencantumkan kurikulum yang digunakan, sasaran kelas/semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta petunjuk penggunaan program.
  2. Materi lomba merupakan satu indikator atau lebih dari standar kompetensi dan atau kompetensi dasar mata pelajaran TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.
  3. Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia, kecuali mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.
  4. Hasil karya dilengkapi dengan petunjuk penggunaan program dalam bentuk 3 (tiga) sajian, yaitu print out petunjuk pengunaan, CD (3 keping CD copy) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
  5. Karya original dalam ide dan kreasi yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.
  6. Bila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/ bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
  7. Setiap bahan ajar yang diikutsertakan dalam lomba bila memenuhi persyaratan akan mendapatkan panggilan untuk presentasi dan menjadi hak milik Panitia.
  8. Bagi peserta (GURU) karya yang dibuat sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dan jenjang sekolah dibuktikan dengan surat pernyataan mengajar dari sekolah berdasarkan mata pelajaran dan jenjang mengajar.
Komponen CD Interaktif
Desain CD interaktif meliputi komponen sebagai berikut:
1. Judul
2. Pengembang (Nama Pengembang dan Instansi Tempat Bekerja/Studi)
3. Tujuan Pembelajaran
4. Apersepsi
5. Uraian materi pembelajaran yang komunikatif (termasuk: contoh, analogi atau ilustrasi, serta simulasi yang relevan dan kontekstual)
6. Latihan (soal), tes, dan umpan balik korektif secara kreatif
Kriteria Penilaian
Penentuan kejuaraan dari lomba ini mengikuti kriteria sebagai berikut:
1. Kelengkapan komponen CD Interaktif (seperti pada Poin C nomor 1 – 6)
2. Relevansi dan konsistensi antara komponen desain CD Interaktif dengan RPP (tujuan, materi, aktivitas pembelajaran dan latihan/tes)
3. Interaktivitas
4. Mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya
5. Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan
6. Memfasilitasi pencapaian hasil belajar pada jenjang berpikir yang tinggi (Taxonomy Bloom)

Prosedur Pendaftaran
- Berikut adalah prosedur pendaftaran peserta Lomba Pengembangan Multimedia Pembelajaran:
Mengisi formulir yang sudah disiapkan dapat diperioleh di Panitia Lomba Pengembangan Multimedia Pembelajaran FKIP, USD, Yogyakarta atau dapat di download di sini.
- Formulir pendaftaran dan produk multimedia diantar langsung atau dikirim melalui pos ke panitia lomba paling lambat pada Hari/Tanggal: Senin, 9 Januari 2012 (Cap Pos).
- Biaya Pendaftaran Lomba: “GRATIS”

Peserta Lomba
Lomba Pengembangan Multimedia Pembelajaran ini diperuntukan bagi:
1. Guru Jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK dan sederajat se-Jawa Tengah-DIY
2. Mahasiswa LPTK/FKIP se Jawa Tengah-DIY
3. Lomba bersifat perorangan

Hadiah Lomba
Berikut hadiah yang disediakan untuk masing-masing jenjang/kategori:
Juara I: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.2.000.000,00
Juara II: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.500.000,00
Juara III: Sertifikat dan Uang Pembinaan Rp.1.000.000,00
Sekretariat Lomba dan Seminar
RUANG DEKANAT
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)UNIVERSITAS SANATA DHARMA, YOGYAKARTA
LANTAI 2, KAMPUS I, MRICAN UNIT SELATAN
Jl. Affandi (Gejayan), Mrican, Yogyakarta.
Telp. (0274) 513301 ext: 1413
Fax. (0274) 562383
Email: fkip@staff.usd.ac.id

Contact Person
Antonius Irianto Sukendar: 087 838 187255
Setya Tri Nugraha: 081 579 05756
Agustinus Heri Nugroho: 081 227 62592; 081 125 41241
Informasi selengkapnya di www.usd.ac.id

1 komentar:

  1. Salam kenal
    Bekali para peserta lomba, silakan kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/
    Salam kreatif...

    BalasHapus

Berbagi dan Berkolaborasi dalam Webinar Series 5 Sahabat Pembatik DIY 2023

 Hari Jum'at, 20 Oktober 2023 saya dan dua teman sesama Sahabat Teknologi DIY 2023 melakukan Webinar Seri 5.